Investasi untuk Pemula yang Wajib Dicoba

Ingin mulai terjun memulai jual beli saham tetapi masih bingung? Hal ini wajar jika dirasakan oleh seorang yang belum pernah melakukan sebelumnya. Namun faktanya kegiatan ini tidaklah sulit asalkan sudah mengetahui cara investasi untuk pemula.

Apa saja Investasi yang Cocok untuk Pemula?

Ada yang tahu kenapa setiap orang disarankan untuk berinvestasi? Sebab kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan hidup di masa yang akan datang. Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia ini, alangkah baiknya untuk mengetahui jenis-jenis terlebih dahulu.

  1. Emas

Logam mulia ini bisa dijadikan pilihan investasi untuk pemula, sebab harganya cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Emas juga memiliki likuiditas yang tinggi, sehingga bisa dicairkan dengan cepat kapan saja.

Apabila ingin memperoleh keuntungan maksimal pilihlah jenis investasi emas jangka panjang. Khusus bagi Anda yang yang membeli logam mulia dalam bentuk fisik dapat disimpan di safety box rumah atau bisa juga memanfaatkan layanan brankas dari Antam.8

  1. Reksadana

Jika waktu dan dana yang dimiliki terbatas, tetapi ingin terjun ke dunia investasi? Reksadana ini cocok dijadikan pilihan. Karena resikonya sangat kecil dibandingkan instrumen lainnya. Untuk pembukaan awalnya cukup dengan menyediakan modal sebesar 10.000.

Perlu Anda ketahui reksadana adalah sebuah tempat untuk menghimpun dana dari investor yang kemudian diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek. Dalam kegiatan ini terdapat seorang manajer yang bertugas mengatur posisi penempatan modal.

  1. Deposit

Pilihan investasi untuk pemula selanjutnya yaitu deposito. Investasi berjangka ini memiliki kelebihan yaitu tabungan relatif lebih aman karena sudah dijamin LPS. Dengan begitu apabila bank mengalami kebangkrutan masih bisa mendapatkan dananya secara utuh.

Untuk memulai investasi ini cukup menyediakan uang Rp 10.000.000. akan tetapi jika ingin mengunakan modal yang lebih besar Anda bisa melakukan pinjaman melalui Fintech Lending Indonesia. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa layanan tersebut sudah terdaftar OJK

4.Saham

Jenis investasi satu ini sangat diminati di berbagai kalangan baik muda maupun tua. Hal itu disebabkan karena Keuntungan yang diperoleh relatif besar. Tidak hanya itu saham juga memiliki kelebihan salah satunya dapat dijalankan secara fleksibel.

Potensi kerugian dari instrumen investasi ini sangatlah tinggi. Hal itu disebabkan karena pergerakan sangat fluktuatif sehingga dapat menyebabkan harga jual mengalami kemerosotan pada waktu tertentu. Maka dari itu penting untuk melakukan riset terlebih dahulu.

Tips Investasi Apa saja Yang Cocok Dilakukan Seorang Pemula?

Sebelum memulai kegiatan investasi maka terlebih dahulu tentukan maksudnya. Hal tersebut berfungsi untuk membangun komitmen dalam mencapai keinginan. Jika tidak memiliki tujuan dari awal bisa menyebabkan hilangnya motivasi dan tidak paham cara mengalokasikan dana.

Investor pemula juga perlu memperkaya pengetahuan seputar dunia investasi. Di zaman serba modern ini banyak media sosial yang menyediakan berbagai informasi mengenai tips dan beragam produk investasi. Untuk itu Anda dapat memulai belajar melalui media sosial tersebut.

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri cobalah berinvestasi dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa kunci keberhasilan dari kegiatan ini adalah konsisten. Itulah beberapa tips yang bisa dicoba ketika memutuskan untuk terjun ke dunia ini.

Kegiatan ini memang benar telah terbukti memberikan banyak keuntungan. Meskipun manfaatnya belum bisa dirasakan sekarang. Itulah pembahasan singkat mengenai Investasi untuk pemula beserta jenis jenisnya yang terbukti menguntungkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.