fungsi huruf plat nomor

Tentang Arti Huruf Belakang Plat Nomor yang Perlu Diketahui

Plat nomor kendaraan memiliki fungsi untuk memudahkan Anda mengidentifikasi kendaraan. Sebagai pengguna kendaraan tentu ada baiknya mengetahui kode atau arti huruf belakang plat nomor. Dimana setiap kendaraan sudah pasti terdaftar secara resmi oleh pihak berwenang dimana masing masing plat tersebut memiliki seri unik yang berbeda beda. Adapun deretan nomor tersebut memiliki informasi tersendiri tentang kendaraan dan pemiliknya. Uniknya, masing masing daerah memiliki kode plat nomor sendiri seperti huruf pertama pada plat nomor kendaraan. Dimana huruf tersebut menandakan daerah dimana kendaraan tersebut terdaftar di samsat setempat.

 

Satu hal yang perlu diketahui bahwa ketentuan plat nomor kendaraan diatur sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Biasanya, huruf pada nomor kendaraan biasanya disusun dengan angka dan huruf. Kode huruf keduanya melambangkan jenis kendaraan berdasarkan dari golongan. Misalnya, sebuah plat nomor berisikan B 2899 SAT. Nah, huruf S disini menunjukkan daerah. Kemudian, huruf A melambangkan jenis mobil atau dalam hal ini adalah jenis sedan atau pick up. Dan huruf T merupakan huruf pembeda. Lantas, apa fungsi huruf plat nomor yang sudah disebutkan tadi? Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel bahwa manfaatnya adalah Anda bisa mengetahui jenis kendaraan serta daerah mana nomor tersebut terdaftar.

Oh ya, khusus untuk plat Pemerintah maka angka yang ada di belakang nomor Polisi memiliki makna tersendiri. Misalnya saja RFS untuk jenis kendaraan pejabat dari sekretariat negara. Kemudian, CD dan CC untuk mobil yang digunakan oleh kedutaan besar. Sementara itu, RFP untuk kendaraan polisi dan RFD, RFL dan RFU digunakan untuk kebutuhan TNI. Selain fungsi huruf plat nomor maka ada lagi yang perlu diketahui. Warna dari plat nomor pun memberi makna tersendiri seperti plat berwarna hitam yang menggunakan tulisan putih menunjukkan jenis kendaraan yang digunakan secara pribadi. Sementara itu, plat nomor merah untuk kendaraan Pemerintah dan plat nomor berwarna kuning untuk kendaraan umum seperti bus. Demikianlah penjelasan yang diberikan dan diharapkan mudah untuk dipahami.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.